8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Comment

1. Pulau Tagalaya

laut tagalaya 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Pulau Tagalaya memiliki arus laut yang tenang dan air laut sejernih kristal dengan hamparan pantai berpasir putih luas yang diselingi tmengelilingi pulau. Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang indah. Terumbu karang dan beragam biota laut dengan kedalaman 2-10 meter dalam kondisi baik dapat ditemui diperairan pulau ini. Pepohonan bakau yang tumbuh di atas pasir putih (bukan lumpur) dan terumbu karang yang dapat dijumpai di sekitar akar bahar akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anda yang senang menyelam.

Pulau Tagalaya sendiri menyimpan keunikan berupa adanya danau air tawar yang bisa anda jelajahi. Untuk maksud ini, pastikan Anda ke sana pada pagi hari. Selepas siang hari, air di sini akan surut. Bersama Kakara, Tagalaya sedari dulu telah menjadi tujuan wisata favorit masyarakat setempat.

Pulau Tagalaya 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Dimana lokasinya?
Pulau Tagalaya merupakan satu dari gugusan pulau-pulau di depan kota Tobelo yang dapat ditempuh ±20 menit dengan perahu ketinting.

Bagaimana transportasi ke sana?
Tersedia transportasi umum berupa perahu ketinting dari pelabuhan Dufa-dufa yang melayari rute Tobelo-Tagalaya PP.

Penting untuk diperhatikan!
Jika Anda bermaksud untuk juga menjelajahi pulau-pulau sekitarnya maka cara ternyaman adalah dengan menyewa perahu ketinting berkapasitas 6 orang (7 jam, mulai Rp 150.000,-).


2. PULAU KAKARA (Wilayah Tobelo)

pulau kakara 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi (2)

Pulau Kakara adalah daya tarik utama Kepulauan Tobelo. Pantai berpasir putih, air laut sejernih kristal dan kawasan pantainya yang diteduhi rimbunnya pepohonan menjadikan Kakara sebagai tujuan wisata populer. Di akhir pekan banyak turis lokal yang datang ke sini untuk berenang. Pulau Kakara merupakan tempat asal-mula budaya Hibualamo. Bagi anda penikmat wisata sejarah mampirlah ke pulau ini untuk melihat konstruksi awal rumah adat Hibualamo yang merupakan simbol pemersatu masyarakat Halmahera Utara. Penduduk Kakara sendiri sangat terkenal sebagai penari Cakalele yang piawai.

Untuk snorkling, perairan di sekitar tanjung sebelah timur Kakara merupakan titik yang direkomendasikan. Pada waktu air sedang surut anda bahkan akan melihat karang-karang cantik Kakara muncul ke permukaan.

Keunikan lain dari Kakara adalah banyaknya bintang laut yang bisa ditemukan di sini pada musim tertentu.

Pulau Kakara 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Dimana lokasinya?
Pulau Kakara merupakan satu dari gugusan pulau-pulau di depan kota Tobelo yang dapat ditempuh ±15 menit dengan perahu ketinting.

Bagaimana transportasi ke sana?
Tersedia transportasi umum berupa perahu ketinting dari pelabuhan Dufa-dufa yang melayari rute Tobelo-Kakara PP.

Penting untuk diperhatikan!
Jika Anda bermaksud untuk juga menjelajahi pulau-pulau sekitarnya maka cara ternyaman adalah dengan menyewa perahu ketinting berkapasitas 6 orang (7 jam, mulai Rp 150.000,-).


3. PULAU DODOLA

pantai dodola 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Pulau Dodola berjarak hanya 5 mil dari Daruba,ibukota Kecamatan Morotai Selatan.Pulau Dodola merupakan salah satu alasan mengapa para wisatawan datang berkunjung ke Morotai. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pantai berpasir putih yang sangat luas yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Di sini wisatawan dapat menemukan pasir putih dengan dua tipe berbeda, kasar dan halus. Panorama alam sekitar dan airnya yang jernih sangat cocok untuk bersantai, berenang dan menyelam bersama keluarga di akhir pekan. Terdapat juga pulau-pulau lain di sekitar Dodola yang dapat anda jelajahi.

pulau dodola 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Untuk mencapai pulau dodola wisatawan dapat menggunakan kapal penumpang,dari Tobelo menuju daruba,dan melanjutkan dengan menggunakan seedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit.
Selain keindahan alamnya, Dodola juga menyimpan banyak kenangan sejarah Perang Dunia II. Menurut para saksi sejarah, dahulu tempat ini sering dikunjungi Jendral McArthur dan pasukannya untuk berwisata.


4. PULAU PAWOLE

pulau pawole 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Terletak di sebelah timur Pulau Kakara atau barat Pulau Tagalaya dan dapat dicapai dari pelabuhan Tobelo.untuk mencapai Pulau Pawole. Untuk mencapai Pulau Pawole Tidak tersedia transportasi umum, sehingga untuk ke sana hanya dapat dilakukan dengan menyewa perahu tradisional ketinting.

Meskipun hampir seluruh pesisir pulaunya didominasi oleh bebatuan karang namun pasir putih yang ditawarkan oleh pulau Pawole merupakan yang terbaik di antara pulau-pulau kecil yang tersebar di Kota Tobelo. Sebagai salah satu pulau terluar, Pawole memiliki arus laut yang tergolong deras apabila dibandingkan dengan pulau-pulau sejenis lainnya.

pantai laut pawole 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Selain berenang dan snorkeling, berjalan mengitari pulau dapat menjadi kegiatan lain yang menantang. Dengan diameter pulau yang kecil, Pawole dapat dikelilingi dengan berjalan kaki hanya 15 menit saja. Namun untuk yang satu ini hanya dapat dilakukan pada saat air laut sedang surut.


5. PULAU METI

Pulau meti 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Terletak di Desa Todokuiha,Desa Todokuiha terletak di selatan Tobelo (Mawea).

Dari pelabuhan Todokuiha tersedia transportasi umum dengan menggunakan perahu tradisional ketinting ± 20 menit perjalanan. dan merupakan tujuan wisata akhir pekan bagi masyarakat sekitar. Meskipun pantainya sendiri tidaklah terlalu bagus namun seperti halnya pantai-pantai di Halmahera Utara pada umumnya, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dapat di temui di pulau ini.

pantai meti 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Bagi anda yang menyukai petualangan, berjalan mengintari pulau ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Di sisi timur Meti anda dapat melihat daratan Kabupaten Halmahera Timur dari jauh sedangkan pada bagian lainnya anda akan menjumpai kumpulan batu karang yang sangat indah dan terdapat pula hutan yang masih alami. Pulau Meti dapat menjadi alternatif wisata


6. PANTAI ORA

pantai ora 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi banyak pantai indah dan menunggu Anda menyambanginya. Salah satu pantai di Maluku Tengah yang patut untuk dikunjungi adalah Pantai Ora. Sejauh mata memandang, pesona keindahan pantai ini layak disejajarkan dengan pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.

Pantai Ora berada di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Di pantai ini terdapat sebuah resort bernama Ora Beach Resort yang memiliki 6 buah cottage dan semuanya terbuat dari kayu beratap jerami. Setiap cottagenya bisa memuat sampai 3 orang. Ora Beach Resort merupakan satu-satunya penginapan yang berdiri tepat di atas perairan Pantai Ora. Istimewanya dari resort ini adalah latar belakang cottage yang merupakan Perbukitan Taman Nasional Manusela. Perpaduan cottage kayu yang berdiri di atas air jernih berwarna hijau kebiruan dan latar belakang perbukitan hijau menjadikan pemandangan di Pantai Ora begitu fantastis.

pantai ora 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi berjalanjalan

Pesona lain dari panti ini adalah kehidupan biota lautnya. Terumbu karang atau koral di pantai ini beraneka ragam dan berwarna warni begitu juga dengan ikannya. Karena airnya yang begitu jernih, koral dan ikan-ikan yang sedang berrenang kian kemari bisa Anda lihat langsung dari atas perahu, sungguh menakjubkan.

Ketika cuaca cerah pemandangan di Pantai Ora sangat indah bahkan saat malam hari. Bayangkan, Anda duduk di dermaga dan menikmati kerlap kerlip bintang di langit yang bersinar layaknya mutiara. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan langit malam di Pantai Ora ini.

Karena lokasinya yang terpencil atau jauh dari keramain, pantai ini sangat cocok bagi mereka yang mendamba ketenangan dari kesibukkan, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Bagi pengantin baru maka pastinya pantai ini bisa menjadi tempat sempurna untuk berbulan madu.


7. PANTAI NGURBLOAT (Pantai dengan Pasir Putih Terhalus di Asia)

PANTAI NGURBLOAT Pantai dengan Pasir Putih Terhalus di Asia 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Pernah menghayalkan diri Anda berada di sebuah pantai eksotis dengan hamparan pasir putih sehalus tepung? Pantai Ngurbloat bukanlah pantai halayan di negeri dongeng, pantai ini nyata adanya berlokasi di Desa Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantai Ngurbloat juga dikenal dengan Pantai Pasir Panjang oleh masyarakat setempat. Nama tersebut mungkin berasal dari bentang pesisir pantainya yang mencapai 5 kilometer mulai dari Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof hingga Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil. Hamparan pasir putih di pantai ini begitu lembutnya, bahkan National Geographic mendapuknya sebagai pasir pantai terhalus di Asia. Pemerintah Maluku Tenggara pun kini menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu destinasi andalah mereka.

PANTAI NGURBLOAT Pantai dengan Pasir Putih Terhalus di Asia 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi (2)

Sepanjang pesisir pantai, pepohonan kelapa berjajar melengkapi indahnya laut biru yang akan membuai Anda untuk betah berlama-lama menikmati setiap keindahan di pantai ini. Di tempat ini Anda pun bisa bermain voli atau sepak bola pantai. Menyaksikan nelayan setempat yang sedang mencari ikan di kejauhan tentunya bisa menemani penantian Anda pada Matahari yang terbenam. Pemandangan mentari ke peraduannya di pantai ini sangatlah indah. Saksikan bagaimana perubahan warna langit dari biru menjadi kuning keemasan merupakan pengalaman mengasyikkan. Siapkan pula kamera Anda untuk mengabadikan proses pergantian warnanya yang elok itu.

 


 

8. PANTAI SULAMADAHA

pantai jernih sulamadaha 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi (2)

Pantai Sulamadaha Ternate, berada di Utara Kota Ternate, meski tidak berpasir putih, namun memiliki pesona tersendiri. Pantai ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri, dengan bukit hijaunya. Dari pantainya, Bukit Hiri terlihat jelas seperti muncul dari permukaan laut. Pulau Hiri, dulu menjadi tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah (Ayah Sultan Ternate sekarang), yang sengaja diungsikan supaya tidak ditangkap oleh tentara Belanda.

pantai jernih sulamadaha 8 Wisata Laut di Maluku Utara, Surga Indonesia Timur yang Wajib Di Kunjungi

Di sebelah kiri ke arah barat panatai Sulamadaha terdapat teluk Saomadaha atau sering disebut hol oleh masyarakat sekitar, yang sangat unik dari Teluk Saomadaha ini karena berbentuk piramid. Teluk Saomadaha memliki pasir yang putih dengan air yang sangat jernih sehingga kita dapat melihat dengan jelas terumbu karang yang berada di dasarnya. Di sini anda bisa melakukan kegiatan seperti snorkeling dan diving. Disekitar banyak penyewaan alas snorkeling di sekitar teluk Saomadaha ini, namun tidak terdapat penyewaan alat diving disekitar teluk saomadaha ataupun pantai Sulamadaha.


informasi lebih lanjut silahkan kunjungi : halmaherautara.com

berjalanjalan
Up Next

To use YARPP integration, please visit : this link

Discussion about this post

%d bloggers like this: