Mont Saint-Michel, Pulau Cantik yang Terbentuk dari Kekuatan Bulan

Comment

Mont Saint-Michel adalah sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Perancis di mulut sungai Couesnon dekat Avranches. Peristiwa pasang super yang terjadi setiap 18,6 tahun sekali mengubah bangunan bersejarah di Perancis menjadi sebuah pulau. Ribuan turis menyaksikan fenomena itu akhir pekan lalu.Pulau langka yang terbentuk akibat pasang pada hari Sabtu (21/3) itu “dimahkotai” oleh bangunan bersejarah Mont Saint-Michel di wilayah Normandy, Perancis, yang juga ditetapkan sebagai situs warisan sejarah oleh UNESCO.

Mont Saint-Michel pulau cantik yang terbuat dari kekuatan bulan

Stephen Gill, ilmuwan dari Badan Administrasi Atmosfer dan Kelautan Amerika serikat (NOAA) mengungkapkan, “Beberapa hal terjadi bersamaan sehingga mengakibatkan peristiwa spesial yang memicu pasang yang lebih tinggi atau rendah dari normal.” Pasang diakibatkan oleh pertarungan gravitasi Bumi, Bulan, dan Matahari. Setiap 18,6 tahun sekali, Bulan, Bumi, dan Matahari terletak segaris pada satu bidang sehingga memperbesar pengaruh gravitasi Bulan dan Matahari pada Bumi. Kesegarisan Bumi, Bulan, dan Matahari itulah yang memicu terjadinya pasang super, selain mengakibatkan fenomena gerhana Matahari total yang bisa disaksikan di Eropa dan Asia bagian utara pada Jumat (20/3).

peta lokasi Mont Saint-Michel Normandy, Perancis. indonesia travel blog series

Faktor lain yang juga memicu pasang super adalah Bulan yang kini terletak lebih dekat dengan Bumi. “Setiap lautan dan teluk memiliki respon berbeda pada pasang,” kata Gill seperti dikutip National Geographic, Senin (23/5). Perairan utara Perancis, Selat Inggris, sudah terkenal memiliki pasang tinggi. Faktor kesegarisan Bumi, Bulan, dan Matahari serta jarak Bumi-Bulan yang lebih dekat semakin menambah ketinggian pasang. Terciptalah pasang super.

Mont Saint-Michel Normandy, Perancis travel blog indonesia


Peristiwa pasang super terakhir terjadi pada 10 Maret 1997 serta baru akan terjadi lagi pada 3 Maret 2033. Selain di wilayah utara Perancis, pasang super kali ini juga terjadi di Inggris bagian selatan dan utara Belanda. Di Mont-Saint-Michel, pasang mencapai ketinggian gedung berlantai empat, menutup sebuah jalan yang menghubungkan ke tempat itu. Sebelum jalan itu dibuat, bangunan Mont Saint-Michel secara rutin terpisahkan oleh pasang.

Mont Saint-Michel awalnya terhubung dengan daratan utama melalui sebuah jembatan darat alami yang tipis, dan kemudian sebelum modernisasi tertutup pada saat pasang dan terlihat pada saat surut. Oleh karena itu Mont Saint Michel mendapat gelar mistik yaitu pulau pasang. Pada 1879, jembatan tanah dibangun.

Sebelum pembangunan monastik pertama pada abad ke-8, pulau ini disebut Mont Tombe. Menurut legenda, malaikat Michael menampakkan diri kepada St. Aubert, Uskup Avranches, pada 708 dan memerintah dia untuk membangun sebuah gereja di pulau tersebut. Aubert beberapakali mengabaikan instruksi tersebut, sampai Michael membuat lubang di tengkorak uskup tersebut dengan jarinya.

Pada 1067, biara Mont Saint-Michel mendukung William Normandi yang mengklaim tahta Inggris. Biara ini diberikan tanah di Inggris, termasuk sebuah pulau kecil di barat Cornwall, yang meniru gaya Mount Saint-Michel dan dinamakan Gunung St Michael di Penzance.

Dan berikut ini pengembangan Mont Saint-Michel dari dulu hingga sekarang :

pengembangan Mont Saint-Michel Abad 10

pengembangan Mont Saint-Michel abad 10

pengembangan Mont Saint-Michel Abad 11-12

pengembangan Mont Saint-Michel abad 11-12

pengembangan Mont Saint-Michel Abad 17-18

pengembangan Mont Saint-Michel Abad 17 - 18

pengembangan Mont Saint-Michel Abad 20

pengembangan Mont Saint-Michel Abad 20

Selama Perang Seratus Tahun, pasukan Inggris berulang kali melakukan penyerangan terhadap pulau ini tetapi tidak dapat merebutnya dikarenakan pertahanannya yang kuat. Les Michelettes, dua meriam besi yang ditinggalkan oleh Inggris dalam penyerangan gagal mereka pada 1423-24, masih dipajang di dekat tembok pertahanan luar.

Mont Saint-Michel hingga saat ini

Mont Saint-Michel 2015 2016

Mont Saint-Michel 2015 2016 2017

sumber :


wikipedia
nationalgeographic

Kaskus by Pratama Putra

berjalanjalan
Up Next

To use YARPP integration, please visit : this link

Discussion about this post

%d bloggers like this: