Salak dan Becak Vespa dari Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Comment

Pintu Masuk Selamat Dtang di Kota Padangsidimpuan

Kota padangsidimpuan adalah sebuah kota salak di Sumatera Utara, dijuluki sebagai kota salak karena kota ini merupakan salah satu penghasil salak terbesar. Letaknya yang dikelilingi pegunungan dengan udara yang lumayan dingin membuat kota ini menjadi tempat yang pas untuk budidaya dan perkembangan buah salak.

Tidak hanya karena salaknya yang memiliki rasa khas yang membuat kota ini layak dikunjungi, tapi juga karena salah satu keunikan transportasi (Becak Motor) di kota ini yang cukup unik. Jika hampir seulurh kota di pulau jawa becak di kayuh berbeda dengan beberapa kota di pulau sumatera, utamanya Sumatera Utara. Medan dan Kota Pemantang Siantar juga memiliki becak Motor, kalau Medan becak motornya menggunakan motor standar hanya saja memiliki ke khas-an di desain yang lebih ke corak-corak Melayu sementara Pemantang Siantar memiliki becak motor dengan motor motor vintage jenis BMW, BSA dan lain lainnya, atau yang lebih kita kenal dengan istilah motor gede.

Nah, tidak mau kalah dengan dua kota tadi, Padangsidimpuan juga memiliki becak motor unik dengan motor vintage Vespa yang mungkin bagi beberapa orang cukup aneh. Aneh karena di pulau jawa seperti Jakarta dan Bandung Vespa merupakan motor komunitas atau motor hoby yang diapakai hanya untuk bersenang- senang dan berkumpul dengan rekan, namun kota ini vespa dijadikan becak untuk mengais rejeki dan membiayai hidup keluarga.

Becak Vespa di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Keramaian Pasar dan Becak Vespa di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Kota yanng berada di persimpangan menuju Medan, Sibolga dan Padang ini juga memiliki udara yang cukup sejuk, itu karena lokasi Kota Padangsidimpuan yang di kelilingi beberapa pegunungan. Diantaranya gunung Lubuk Raya dan juga Gunung Bukit (Tor) sanggarudang yang berada di sebelah utara Kota Padangsidimpuan. Selain itu juga wilayah sekitar Kota Padangsidimpuan masih memiliki hutan lindung yang masih terjaga dan tentunya kita berharap agar tetap terjaga dan terlindungi, seperti salah satunya hutan Nabundong (Lihat Disini) .

Alun Alun Pusat Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Tidak selesai sampai disitu, ternyata Kota Padangsiimpuan ini juga merupakan kota bersejarah yang ditandai dengan beberapa bangunan peninggalan Belanda yang masih terlihat kokoh dan dapat digunakan sampai saat ini, yang salah satunya yaitu bangunan Pos Polisi dan beberapa bangunan lain yang berada di pusat Kota Padangsidimpuan. Dan arsip foto foto kota padangsidimpuan mada jaman dahulu ini menurut beberapa sumber masih tersimpan di sebuah museum di Kota Leiden, Belanda.

Jalan Utama Pusat Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Jalan utama, Pusat Kota Padangsidimpuan

Ruko Ruko disekitaran Pasar Raya Sangkumpal Bonang, Padangsidimpuan

Untuk hal berbelanja dan mencari makanan khas Kota Padangsidimpuan temen- temen yang berkunjung bisa langsung menuju Pasar Raya Sangkumpal Bonang yang terletak di Pusat Kota atau Pasar buah yang berada di jalan utama di pusat kota untuk mencicipi salak khas Kota Salak.

Pasar Raya Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan

Kios Kios di Pasar Buah, Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Jangan lupa untuk membeli buah salak dan berkeliling naik Becak Vespa kalau berkunjung kemari ya gan 😀

Sekian dan salam berjalanjalan..

Keep Visiting Indonesia..

berjalanjalan
Up Next

To use YARPP integration, please visit : this link

Discussion about this post

%d bloggers like this: