Quantcast



Teras Cikapundung , Sebuah Ruang Publik Indah di Babakan Siliwangi Bandung

2 Comments

Sebagai sebuah kota yang romantis dan bahagia Bandung terus melahirkan ruang-ruang publik baru yang memiliki konsep-konsep kekinian tapi tetap hijau dan bernilai ekologi. Salah satunya yang kekinian di Bandung yaitu “Teras Cikapundung”, berlokasi di kawasan Babakan Siliwangi atau sungai Cikapundung yang berdekatan dengan Sabuga (sasana budaya ganesha).

Para pengunjung Teras Cikapundung Bandung,Indonesia travel blog series berjalanjalan.com

Warga dan pengunjung memadati BBWS Citarum Teras Cikapundung | foto : berjalanjalan.com

Teras Cikapundung memiliki konsep urban yang dipadu dengan hijau nya tanaman serta warna warna merah dari jembatan penghubung kedua sisi. Untuk Sungai Cikapundung sendiri nih buat teman berjalanjalan yang belum tahu tentang sungai cikapundung jadi ini adalah sungai yang membelah Kota Bandung. Sungai  cikapundung terbentang dari mulai Bandung utara hingga Bandung selatan yang akhirnya itu tepat di sungai Citarum.

Silahkan KLIK DISINI untuk melihat full Galeri Foto foto Teras Cikapundung

Bagian hulu dari sungai cikapundung ini berada di utara Kota Bandung, tepat nya di daerah Lembang Curug Ciomas.  Kalau kata orang Bandung mah sungai ini tuh jadi sungai terpanjang di Dunia, kenapa?,, yaa karena sungai ini melintasi Asia dan Afrika.. hehehe ga serius ini mah aslinya itu sungai ini melewati kawasan Asia Afrika di Bandung dan membelah kota Bandung, Membelah industri dan bisnis dan membelah duren (yg terakhir mah ga termasuk ya hehe).

Pengunjung Teras Cikapundung Juga bisa naik perahu karet | foto : berjalanjalan.com

 

Teras Cikapundung ini sudah diresmikan oleh Bp. Ridwan Kamil bertepatan dengan Tahun baru masehi 31 Desember 2015 yang lalu, tapi itu masih Soft Launching karena mengingat sebenernya proses dari revitalisasi dan pengembangannya yang memang belum 100% selesai. Menurut kabar yang kita terima Grand Launching Teras Cikapundung ini akan dilaksanakan pada 27 Januari atau akhir januari 2016 nanti. Di dalam kawasan Teras Cikapundung juga disediakan pendopo dan taman tak lupa juga dengan meja kursi untuk tempat bersantai bersama teman atau keluarga.

Selain itu juga terdapa area yang difungsikan sebagai amphitheatre yang nantinya pengunjung dapat menyaksikan beragam pertunjukan seru disini. Di dalam kawasan TECI atau Teras Cikapundung juga akan dibangun beberapa petak-petak sawah dan juga kolam ikan yang diisi ikan-ikan asli dari sungai cikapundung ini.

Kolam patung kura kura di BBWS citarum taman teras cikapundung Indonesia travel blog series berjalanjalan.comKolam ikan di dalam kawasan Teras Cikapundung Badung | foto: berjalanjalan.com

 

Ada beberapa ciri khas dari teh eci (TECI) maksutnya atau Teras Cikapundung ini yang cukup menarik dan bisa dibilang merupakan “instagram moement” (kalau kata anak anak kekeinian mah :p ) apa saja itu..???

 

JEMBATAN MERAH 

DSCF9002Jembatan merah di Teras Cikapundung Bandung | foto: berjalanjalan.com

Nah ini menjadi salah satu ciri khas dan keunikan dari teras cikapundung, yaitu Jembatan merah yang dijadikan penghubung antara kedua sisi Teci. Dengan warna dan konsep yang udah pas banget menjadikan jembatan ini merupakan spot foto yang oke dan “instagram post” banget hehe…

Tapi ingaat,, berfoto lah di jembatan ini dengan memilih pose dan angle yang paling kece dan oke tapi jangan sampai naik naik ke dinding jembatan yaa, selain berbahaya itu juga merupakan tindakan tidak baik serta bisa merusak fasilitas yang udah dibuat oleh pemerintah kota Bandung ini.

eh iya ngomong ngomong tentang proyek pemerintah Teras Cikapundung ini juga merupakan paduan antara pemerintah kota Bandung memalui Bapa Ridwan kamil sebagai Ide dan Design dan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum), makanya di bagian sebrang teman berjalanjalan bisa ngeliat juga ada tulisan BBWS CItarum.

Oke lanjut menganai ciri khas dan keunikan dari Teras Cikapundung ini yaitu

Air Mancur Menari

Para pengunjung menyaksikan air mancur berirama musik di teras cikapundung badnung, Indonesia travel blog series berjalanjalan.comWarga dan Pengunjung sedang menyaksikan pertunjukan air mancur di Teras Cikapundung | foto: berjalanjalan.com

 

Sebenernya konsep dari air mancur menari yang mengikuti irama musik ini sama dengan yang sudah ada di Cikapundung Riverspot bahakan musik yang di putar waktu berjalanjalan.com mengunjungi Teci ini juga sama dengan musik yang ada di Cikapundung Riverspot. Tapi, yaa Not Bad lah.. yang penting INDEX OF HAPPINESS warga Bandung sudah meningkat lagi dengan semakin banyaknya ruang-ruang publik seperti ini.

eh iya buat teman berjalanjalan yang belum tau atau pengen ngeliat air mancur menari yang ada di Cikapundung Riverspot bisa melalui LINK INI atau silahkan KLIK Gambar dibawah 😀 .

Nah, Selain dari hal hal diatas Teras Cikapundung juga masih punya keunikan nih yaitu

PERAHU KARET

naik perahu di Teras cikapundung bandung , Indonesia travel blog series berjalanjalan.comPerahu karet di Teras Cikapundung Bandung | foto: berjalanjalan.com

 

Nah, ini yang beda dari ruang-ruang publik lainnya yang ada di Kota Bandung, yaitu keberadaan perahu karet, karena ruang Publik Teras Cikapundung memang berada di tepian aliran sungai cikapundung maka dari itu para pengunjung bisa menikmati naik perahu karet ini dengan trek yang tidak jauh ya hanya muterin area dari Teras cikapundung ini 😀 …

Jadi gimana tertarik mengunjungi Teras Cikapundung?

Atau masih belum tau Letak dari Teras Cikapundung ini dimana?

sebenarnnya tidak susah untuk menemukan lokasi Teras cikapundung ini patokan utamanya adalah Sabuga nah di deket area sabuga itu kan ada jembatan jika teman berjalanjalan sudah melihat jembatan berareti sudah melihat Teras Cikapundung. atau lebih gamppangnya lihat maps dibawah ini

Lokasi Teras Cikapundung

Silahkan perhatikan MAPS atau peta diatas, yang Kotak Merah itu adalah Lokasi Teras cikapundung, Jika gambar kurang jelas silahkan klik gambar diatas untuk melihat dalam ukuran besarnya.

Silahkan KLIK DISINI untuk melihat full Galeri Foto foto Teras Cikapundung

Oe itu lah tadi ulasan dan sedikit gambaran tentang Teras Cikapundung Bandung, ingat buat para pengunjung atau calon pengunjung untuk taati peraturan, jangan nyampah jangan buang sampah sembarang dan JANGAN BAWA MANTAN #CapslokRusak haha.. dan jangan lupa untuk share artikel ini

Haturnuhun terimakasih sudah membuka dan membaca berjalanjalan.com 🙂

berjalanjalan
Up Next

Related Posts

2 Discussion to this post

  1. rian says:

    bandung juara…
    (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: