SumateraSumatera Utara

Danau Sagayung, Landscape Indah di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Padang Lawas Utara adalah sebuah kabupaten yang masih terbilang cukup baru di Sumatera Utara. Diresmikan pada 10 Agustus 2007 dengan luas wilayah 3.918,05 km2 dan memiliki penduduk lebih dari 263 ribu jiwa. Sebagai daerah pemekaran baru Padang Lawas Utara memiliki banyak sekali potensi yang belum terlihat maupun yang belum di optimalkan. Dari segi alam nya Padang Lawas Utara memiliki banyak sekali potensi untuk pariwisata baik yang sudah ter ekspose maupun yang belum. Diantaranya Padang Lawas Utara sudah memiliki sebuah Kebun Binatang dan yang terbaru dan viral belakangan ini yaitu Danau Sagayung.

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Landscape bukit-bukit kecil yang ditumbuhi rerumputan dan sebuah danau kecil ditengah- tengahnya ini lah dia Danau Sagayung. Ntah atas dasar apa mengapa tempat ini dinamakan Danau Sagayung, mungkin karena danau nya kecil kali ya jadi dalam istilah danaunya hanya segede gayung πŸ˜€ haha. Untuk lokasinya sendiri sih kalian bisa search aja di google maps dengan keyword ( Danau Sagayung ) nanti juga diarahkan. Kalau yang ga bisa buka maps lokasinya tuh kalau dari arah Gunung Tua yang mengarah ke Padangsidimpuan ini ada diseblah kiri setelah melewati kebun binatang gununug tua dan dudah mulai masuk ke bukit-bukit yang arah pamutaran, tapi belum sampai ke pamutarannya yaa pokonya nanti setelah lewat gunung tua dan sudah melewati jembatan kedua yang setelah kebun binatang silahkan bertanya pada Warga sekitar saja ( the power of WARGA SEKITAR πŸ˜€ haha .. ) .

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Oaia jalur masuk ke tempat wisata ini ekstrim, serius asli ekstrim banget nanjak tinggi berliku-liku dan sempit. Terutama buat yang keisininya bawa kendaraan roda 4 ( mobil ) dan itu semua akan menjadi jauhh lebih sulit dan menyiksa apabila musim hujan, karena ini semua masih jalanan tanah dengan bukit-bukit terjal. Jadi sangat kita sarankan apabila kesini tuh kendaraannya harus dalam keadaan prima dan bensin terisi cukup πŸ˜€ .

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Satu lagi karena jalurnya itu sempit jadi sering di beberapa kondisi itu kita antri buka tutup, jadi tolong ya jiwa barbar dan ga mau ngalahnya jangan dibawa keisni, karena bakal nyusahin diri kita sendiri dan jelas pasti bakal nyusahin orang lain hehe πŸ˜€ .

Berbicara tentang tiket masuknya gue juga kurang paham karena ga ada yang jelas , dari mulai ga ada tiket ( karcis ) nya , padahal bupati dan dinas pernah bikin video dan main kesini yaa tapi kenapa belum dikelola bener- bener padahal ini peluang loh. Jadi pas kita kesana tuh ga dikasi karcis tiket cuma 2 mobil didepan gue perhatiin ngasi duit 10 ribu dan ada yang ngasi 20 ribu di kembaliin 10 ribu ya udah jadi 1 mobil gue yang isi 4 orang ini juga gue kasi 5 rebuan dua biji πŸ˜€ .

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Begitu samapai di area loikasinya ya udah kita bebasin aja mau kemana tinggal pilih, kalau kita sih karena udah bekel makanan dari luar jadi cari yang rada teduh untuk makann makannn… . Setelah selai makan ya udah tinggal pilih aja spot- spot foto yang instagram banget πŸ˜€ . tapi pas kita keisni pas emang lagi liburan idul adhha jadi ramee banget dan untuk dapetin foto yang belakangnya ga banyak orang itu ya harus DI EDIT untuk diilangin orang- orangnya hahaha πŸ˜€

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Semoga kedepannya wisata Danau Sagayung ini bisa di kelola oleh pemerintah setempat dengan baik dan lebih lengkap lagi fasilitasnya yang utamanya adalah jalan masuknya demi mendongkrak pendapatan daerah Padang Lawas Utara melalui sektor pariwisata. Dan kita banyak berharap kepada seluruh pengunjung untuk tetap menjaga keasrian dan kebersihannya dengan cara TIDAK MEMBUANG sampah sembarangan. Kalau kalian susah menemukan tempat sampah disini bukan berarti kalian BEBAS untuk membuang sampah disana. Bawa balik sampahnya dan buang di tempat pembuangan sampah terdekat ya gaes biar tempat wisata kita ini tetap indah dan asri teruss .. πŸ˜€

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Paling segitu aja cerita perjalanan ke Danau Sagayung di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, jangan lupa untuk share cerita ini ke seluruh sosial media kalian biar banyak yang tahu dan bantu untuk memajukan perekeoniam warga sekitarnya juga melalui jalur pariwisata ini πŸ˜€

Danau Sagayung Paluta | Foto : iky #berjalanjalan

Jangan lupa juga follow sosial media ( instagram ) berjalanjalan di @berjalanjalan dan @si_iky .

Tags
Show More

admin

Follow instagram : @si_iky

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

MATIKAN ADBLOCK anda untuk melanjutkan browsing