4 Wisata Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri

4 Wisata Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri | foto : assets.akurat.co
  1. Taman Nasional Baluran ( Yang Mirip Afrika )

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyu putih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55’17.76″S dan 114°23’15.27″E.

Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan.

Taman Nasional Baluran ini mirip sedang berada di Afrika panasnya padang savana. Taman ini luasnya 25.000 menyajikan suasana rumput ke kuning kuningan dengan Gunung Baluran yang berdiri kokoh sebagai latar belakangnya.Taman Nasional ini memiliki 444 jenis tumbuhan dalam kondisi sangat kering,serta 155 spesies burung dan juga 26 jenis satwa,dijuluki AFRIKA VAN JAVA karena suasana sangat mirip AFRIKA.

4 Wisata Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri | foto : wisatabagus.com

 

2. Pantai Pulau Merah yang Mirip Seperti Baia Do Sancho Brazil

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Juga terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu di sana melaksanakan ibadah ataupun upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Pada tahun 1990-an, kawasan Pulau Merah pernah rusak parah akibat diterjang bencana tsunami. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi di bawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan kawasan wisata ini, salah satunya dengan memperbaiki akses jalan menuju lokasi. Pada akhir 2012 lalu, Pemkab Banyuwangi telah memperkenalkan Pantai Pulau Merah ke dunia internasional melalui penyelenggaraan ajang lomba balap sepeda “Banyuwangi Tour de Ijen”. Sebelum adanya “Tour de Ijen”, akses jalan menuju Pantai Pulau Merah lumayan berat, berupa jalan berbatu yang melintasi area kebun dan juga sawah milik warga.

Pantai kecil yang berada di Desa Sumberagung berhasil memikat wisatawan karena bentuknya yang meyerupai pegunungan berada ditengah pantai,perpaduan kejernihan air yang seperti kristal dengan pasir putih yang menghampar sejauh 3km.Pantai ini sangat mirip Pantai Baia Sancho di Brazil.

4 Wisata Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri | foto : eksplorasi.id

 

3. De Djawatan Hutan Ala Alice In Wonderland Selandia Baru

Hutan de Djawatan berlokasi di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi. Dari pusat Banyuwangi, jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Kawasan tempat Hutan de Djawatan ini sudah eksis sejak 1950-an. Sebelum jadi hutan wisata, kawasan tersebut difungsikan sebagai tempat penimbunan kayu jati. Pada 1970, terjadi penjarahan besar-besaran di kawasan itu hingga akhirnya menjadi terbengkalai. Daripada dibiarkan terbengkalai, Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) kemudian mengambil alih kawasan tersebut dan menjadikannya hutan wisata yang diberi nama de Djawatan.

Keistimewaan Hutan de Djawatan adalah hutan tersebut mirip Fangorn Forest. Bagi yang belum tahu, Fangorn Forest adalah hutan yang muncul dalam kisah The Lord of the Rings. Hutan tersebut merupakan tempat tinggal the Ents, pohon menjulang tinggi yang bisa berbicara bahasa manusia.

Dalam film The Lord of the Rings, Fangorn Forest digambarkan sebagai hutan yang berisi pepohonan berukuran raksasa. Nah, pohon-pohon di Hutan de Djawatan juga berukuran raksasa. So, kalau kamu ingin menikmati sensasi Fangorn Forest ala The Lord of the Rings, gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup pergi ke Banyuwangi.

Saat menjejakkan kaki di hutan ini, kamu akan dibuat terkesima dengan pemandangan pohon-pohon trembesinya yang besar dan menjulang tinggi. Pohon-pohon di sini usianya sudah ratusan tahun. Menelusuri jalan setapak panjang yang dipayungi pohon raksasa di kanan kirinya membuatmu serasa di negeri dongeng. Bener-bener wow, deh, pokoknya!

4 Wisata Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri | foto : assets.akurat.co

 

4 . Pantai Plengkung mirip Hawai

Pantai Plengkung , atau lebih dikenal dengan nama G-Land, adalah pantai yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Plengkung dapat dicapai selama setengah hari perjalanan darat dari Bali. Pantai Plengkung juga bisa dicapai dengan boat sewaan dari Bali.

Pantai Plengkung berlokasi di bagian tenggara Pulau Jawa, berada dalam gugusan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga Pantai Plengkung termasuk pantai berombak besar. Ombak besar ini dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari selatan (Antartika).

Pantai Plengkung juga terletak di sisi timur Teluk Grajagan, maka dari itu sisi kanan Pantai Plengkung memiliki ombak lebih dominan. Ombak Panjang Plengkung berbentuk memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi. Ombak Pantai Plengkung juga membentuk tabung ombak hampir sempurna sehingga menjadi favorit para penggila olahraga surfing.

Angin lepas pantai yang berhembus di Plengkung terjadi antara bulan April dan September. Hal ini menyebabkan ombak paling besar terjadi pada bulan-bulan ini. Pada waktu-waktu tersebut ombak datang bertahap, masing-masing berlangsung selama beberapa hari, dengan rentang beberapa hari di antara setiap ombak. Gelombang cenderung lebih besar dan lebih baik pada saat pasang, jadi waktu yang terbaik untuk merencanakan perjalanan surfing adalah seminggu setelah masa bulan purnama atau bulan baru, karena pada waktu-waktu ini gelombang tinggi terjadi selama setengah hari.

4 Wisata Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri | foto : blogkulo.com

 

Source utama : kaskus

Follow instagram : @si_iky